Friday, February 8, 2013

Cara Install Ubuntu 12.04 LTS Dual Boot dengan Windows 7


Cara Mudah Install Ubuntu 12.04 LTS Dual Boot Dengan Windows 7 - Berhubung saat ini saya lagi mencoba menggunakan sistem opersi/OS Linux khususnya menggunakan Distro Ubuntu 12.04 LTS, saya rasa tidak ada salahnya saya membagikan pengalaman saya kepada kawan-kawan yang membutuhkan, itung-itung saling berbagi dan sama-sama belajar. oy pertama-tama tanamkan di dalam otak anda bahwa LINUX Itu Mudah, Selama Mau Berusaha Memperlajarinya.

Sekarang saatnya kita menginstall Ubuntu dual boot dengan windows 7

1. Saat anda masih berada pada Desktop Windows 7, tugas anda adalah membuat ruang kosong pada Hardisk di partisi C/System untuk tempat instalasi OS Ubuntu, caranya ialah klik Start --> Computer --> Manage.


2. Selanjutnya pilih Disk Management --> klik kanan pada partisi System/C lalu pilih Shrink Volume...

3. Sebagai Contoh, Saya mebuat ruang kosong dengan ukuran/kapasitas8156MB atau sekitar 8GB, jika anda sudah menetapkan besar ukuran untuk ruang kosong yang anda akan gunakan, maka silahkan klik Shrink.
4. Setelah proses pembuatan ruang kosong untuk installasi Ubuntu selesai, maka yang harus anda sediakan adalah CD/DVD ubuntu bisa juga menggunakan USB Flashdisk, tapi untuk USB Flashdisk, caranya sedikit berbeda dengan artikel yang saya tulis ini, mungkin anda bisa menyesuaikannya, oy untuk cara pembuatan anda bisa lihat di situs resmi ubuntu. untuk Membuat CD/DVD untuk USB Flashdisk atau jika anda belum memiliki file installernya bisa di dwonload disini. Jika CD/DVD sudah tersedia, maka anda bisa melanjutkan dengan me-restart PC/Laptop anda. Jangan Lupa Masukkan CD/DVD ke room dan setting boot dari CD/DVD.
Jika anda behasil masuk, maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini lalu pilih bahasa yang akan anda gunakan selama menginstall.



 Pilih Something Else dan Klik Continue


Selanjutnya pilih Free Space dan klik add.. untuk membuat ruang swap


Tentukan size untuk ruang swap yang akan dibuat, sebagai contoh saya menggunakan 500/500MB. Pada pilihan Use as pilih Swap area --> OK


Untuk tahap selanjutnya, klik add.. lagi untuk membuat partisi ubuntu. untuk kali ini kita menggunakan semua sisa size pada ruang kosong. Dan untuk pilihanUse as pilih ext4 journaling file system, sedangkan untuk Mount pointtambahkan / (garis miring). Jika semua tahap sudah selesai tekan OK


Untuk tahap ini tinggal menekan tombol Install Now dan ikuti langkah-langkah install-nya hingga selesai, Jika masih bingung cara menginstal Ubuntunya silahkan baca POSTINGAN SEBELUMNYA => ...
Demikian postingan kali ini...
Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat... :)









No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan,,
Jika menurut Sahabat Blogger Artikel ini bermanfaat silahkan di COPAST (Copy Paste) tanpa mencantumkan sumber..
#Kalau ingin dicantumkan, Alhamdulillah.. :) ^_^

Ilmu itu milik ALLAH, Siapapun berhak mempelajarinya.. :)

Terimakasih Telah Berkunjung.. :)