Monday, February 11, 2013

Ledakan Matahari di Malam Tahun Baru 2013




Majalahinovasi.com – Tidak kurang dari sebulan yang lalu masyarakat dunia baru saja merayakan tahun baru 2013. Suara letusan kembang api seolah sahut-menyahut di seantero bumi. Ternyata tidak hanya bumi yang bergemuruh, tapi juga matahari. Namun bukan dengan kembang api, tapi dengan memancarkan ledakan (solar flare).
Pada Senin (31/12), beberapa jam menjelang pergantian tahun, letusan ini terjadi. Solar Dynamics Observatory(SDO) milik NASA menangkap momen tersebut dan mengabadikannya dalam bentuk video yang diunggah ke Youtube dengan judul “NASA SDO – New Year’s Ballet“.
Video berdurasi 17 detik tersebut memperlihatkan letusan plasma super panas yang membuncah hingga ke atmosfer matahari. Medan magnet yang besar membentuk semacam lorong panas yang terlihat indah.
Erupsi ini terjadi saat Matahari tengah mendekati fase terkuat dari siklus 11 tahunan. Diperkirakan para ahli, akan terjadi periode ledakan paling intens dari coronal mass ejection (CME) dan bintik Matahari dalam rentang waktu 12 bulan ke depan.
Setelah itu, medan magnet Matahari akan melemah dan fenomena CME akan meredup dengan sendirinya. Hingga 11 tahun kemudian, fenomena ini akan kembali berulang. (ZKY/PP)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan,,
Jika menurut Sahabat Blogger Artikel ini bermanfaat silahkan di COPAST (Copy Paste) tanpa mencantumkan sumber..
#Kalau ingin dicantumkan, Alhamdulillah.. :) ^_^

Ilmu itu milik ALLAH, Siapapun berhak mempelajarinya.. :)

Terimakasih Telah Berkunjung.. :)