Harus diakui tidak akan mungkin mendiskusikan semuanya, Anda
akan menemukan semua yang Anda butuhkan untuk membuat blog. Yang lebih penting
lagi, panduan ini akan menuntun Anda agar dapat mencapai tujuan secepat mungkin
dan juga mengembangkan blog Anda sehingga bukan hanya menjadi salah satu blog
yang aktif sesaat saja. Bahkan, Anda mungkin bisa membuatnya sebagai salah satu
sumber pendapatan Anda.
Singkatnya, panduan cara membuat blog ini akan menerangkan
bagaimana memilih platform blog yang baik sampai ke topik seperti membuat
konten yang baik dan menarik perhatian pemirsa Anda. Tidak peduli apakah Anda
ingin membikin blog pribadi ataupun mempersiapkan diri menjadi blogger
independen sebagai bisnis rumahan atau sampingan, panduan ini akan membantu.
Beberapa topik yang akan dikupas:
Apa itu blog?
Mengapa Anda harus membuat blog?
Platform blog mana yang terbaik bagi Anda?
Cara buat blog gratis yang bagus, keunggulan dan
kelemahannya
Apakah ada aplikasi yang memungkin Anda nge-blog tanpa
online (dari desktop)?
Apa topik yang harus saya tulis?
Bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik?
Di mana Anda dapat menemukan gambar gratis atau murah untuk
blog Anda?
Sumber daya lainnya yang bermanfaat untuk pembelajaran lebih
lanjut
Ada banyak informasi yang dapat dicerna di sini. Silakan
menikmati apa yang tersedia. Semoga bermanfaat.
Pengertian Blog
Istilah blog menjadi populer akhir-akhir ini dan Anda mungkin
punya ide apa yang dimaksud dengan blog tapi jika ditanya, semua orang pasti
akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun usaha untuk mengerti tentang blog
itu penting, terutama bila Anda ingin menjadikannya sebagai suatu bisnis.
Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu,
web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide,
foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten
ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya
ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan
sebagai blog.
Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya,
yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan
penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya
waktu. Misalnya, salah satu perangkat lunak pembuat blog yang terkenal,
WordPress, telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga berubah fungsi. Sekarang
ini, selain dipergunakan sebagai blog, WordPress juga dapat dijadikan alat
bantu manajemen konten situs.
Dari situs iklan baris sampai jejaring sosial, semua dapat
dibangun menggunakan WordPress dan plugin-nya, yang mana merupakan cara
memperluas dan menambah fasilitas pada kerangka dasar yang ada. Dengan kata
lain, blog dapat dibuat sesederhana atau sekompleks mungkin dengan berbagai
fitur tergantung apa yang diinginkan oleh pembuatnya.
Mengapa Anda harus membuat blog?
Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog.
Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa
tujuan dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog,
yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun akan
digiring nantinya.
Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah
tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin
cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang
lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini dapat dipergunakan sebagai album
foto, berbagi pengalaman tentang apa yang Anda pelajari sehari-hari, maupun
sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat atau sanak keluarga.
Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali
lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:
Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas. Tidak
ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian Anda selain
menulisnya. Orang yang menemukan tulisan Anda akan menyimpulkan sendiri apakah
Anda cukup berpengetahuan tentang suatu topik. Tidak perlu menyombongkan diri
dan dikira membuat klaim palsu. Blog juga dapat dipergunakan untuk mengumpulkan
pemirsa dan membangun komunitas seputar suatu bidang.
Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume. CV atau
resume tradisional sudah kedaluarsa. Setiap orang dapat menulis resume terbaik
dengan daftar keahlian yang panjangnya berkilometer. Tapi dewasa ini yang
dibutuhkan perusahaan adalah bukti Anda benar-benar menguasai bidang tersebut.
Dengan memiliki blog dan menciptakan konten yang bermutu seputar topik yang
Anda kuasai, Anda memiliki alat pendukung kuat bagi resume Anda.
Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan. Ada
banyak peluang terduga maupun tak terduga yang dapat dikembangkan dari sebuah
blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, Anda bisa saja bekerjasama
dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model bisnis ini cukup
terkenal karena Anda hanya fokus pada pembuatan konten dan komunitas. Banyak
blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak penulisan buku, menjadi
pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa pendapatan lainnya.
Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, memiliki
sebuah blog akan lebih menguntungkan lagi. Anda dapat mempublikasikan berita
terbaru, promosi, acara maupun kontes bagi prospek dan pelanggan Anda tanpa
perlu mengeluarkan dana yang besar. Dengan komunitas yang solid, komunitas Anda
akan menjadi supporter dan promotor bagi bisnis Anda. Mereka akan
memberitahukan orang lain tentang produk baru, tentang promosi Anda, apa saja.
Hal-hal tersebut harus diakui bahkan tidak dapat dibeli dengan iklan.
Jadi apapun tujuan Anda, apakah ingin membuat sebuah blog
hanya untuk alasan pribadi ataupun berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan
serta menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya, sebuah blog dapat
membantu Anda.
Platform Blog Mana Yang Terbaik Bagi Anda?
Jawabannya sederhana saja. WordPress atau Blogger. Bila Anda
ingin membuat blog gratis maka pilihannya di antara Blogger.
Untuk blog yang dibangun pada hosting Anda sendiri, maka satu yang paling
populer adalah WordPress.org.
Kebetulan pula kedua platform tersebut merupakan yang termudah dengan tutorial
blog yang memadai.
WordPress.com menggunakan perangkat lunak dari WordPress.org
untuk memberikan jasa hosting kepada pemakai Internet. Tentunya ada opsi-opsi
yang harus Anda beli bila ingin menambah fitur. Dengan menginstal WordPress.org
di hosting Anda sendiri, Anda dapat menyesuaikan fitur sesuai keinginan Anda
selama hosting Anda mengizinkannya.
Sebenarnya ada banyak platform blog lainnya tapi WordPress
dan Blogger telah menjadi begitu populer… dan pada dasarnya dapat dibentuk menjadi
apapun yang Anda inginkan sehingga tidak ada alasan lain memilih yang lain.
Bila Anda menemukan masalah atau ingin suatu fitur tambahan, dengan memilih
platform yang populer, ada banyak kemungkinan orang lain telah menyelesaikan
problema atau mengembangkan fitur tersebut.
Sebagai catatan, berikut ini adalah pangsa pasar platform
blog menurut data 2010:
Menurut rist pingdom di
tahun 2009, 32 blog top 100 di dunia menggunakan WordPress.org ataupun
WordPress.com. Kayak promosi yah, tapi beginilah kenyataan di lapangan sekarang
ini. Silakan simak grafik kue berikut:
Jadi, yang mana yang terbaik untuk Anda? Jawabannya
tergantung dari pribadi masing-masing. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda
pertimbangkan. Platform blog itu sendiri terdiri dari dua bagian besar:
Jasa platform blog. Platform ini adalah sebuah jasa,
bisa saja berbayar maupun gratis. Dua platform gratis yang populer telah disebutkan
di atas, Blogger.com dan WordPress.com. Tipe blog ini sesuai untuk pemula yang
ingin bereksperimen karena domain yang Anda miliki berada di kawasan platform
yang bersangkutan (namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com, bukan
hanya namaanda.com). Untuk profesional dan bisnis, ini merupakan suatu hal yang
patut dipertimbangkan. Kelemahannya adalah, dengan jasa platform Anda tidak
memiliki blog Anda secara nyata. Akun Anda bisa saja lenyap kapan saja karena
melanggar aturan. Belum lagi blog dengan sub-domain kelihatan kurang
profesional. Anda tidak harus percaya, tapi Seth Godin, marketer internasional
ternama mengatakan ini sendiri diproblogger.net: “Maybe,
if I had to pick something, it would be directing to a domain I own
(sethgodin.com) instead of sethgodin.typepad.com.”
Platform blog independen. Pilihan platform ini
memberikan lebih banyak kontrol dari segi presentasi, modifikasi dan
fungsionalitas. Jika Anda ingin mengembangkan blog untuk mendukung karir
profesional atau bisnis Anda, saran saya adalah memakai platform ini. Memang
butuh sedikit biaya tapi ini bermanfaat sebagai strategi jangka panjang.
Aplikasi Blogging Untuk Desktop
Bagi kebanyakan blogger Indonesia, koneksi Internet 24 jam
masih merupakan tantangan karena berbagai alasan, termasuk infrastruktur yang
kurang baik dan dana. Akan sangat membantu jika ada aplikasi yang dapat
membantu seorang blogger agar dapat menulis tanpa harus online terlebih dahulu.
Kabar baiknya, aplikasi seperti itu memang tersedia.
Alat bantu ini fungsinya sederhana. Anda membuat tulisan
dengan segala format sesuai dengan keinginan Anda, menyisipkan gambar, bahkan
video, dan melakukan pratinjau tulisan. Software ini juga mengijinkan Anda
menyimpan tulisan pada hard disk komputer. Dan ketika siap mempublikasikannya,
tinggal menyambungkan koneksi dan mempublikasikannya.
Beberapa aplikasi populer yang masuk dalam kategori ini
adalah:
Windows Live Writer. Sesuai namanya, software ini
bekerja untuk Windows dan kompatibel untuk platform Blogger maupun WordPress.
Ecto Ini adalah software pilihan untuk yang bekerja
menggunakan Apple Mac. Perangkat lunak ini berbayar namun harganya cukup
terjangkau, $19.95. Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan fungsi-fungsi
dasar dan juga banyak fitur lanjutan lainnya seperti mengkonversi gambar dan
menciptakan miniatur.
ScribeFire. Aplikasi ini unik karena kompatibel di segala
platform. Ini mungkin karena ScribFire sebenarnya merupakan add-on atau
ekstensi yang bekerja di atas peramban web Mozilla Firefox. Jika Anda sering
menulis blog sambil mengutip dari berbagai sumber maka aplikasi ini sangat
membantu.
Apa Topik Yang Harus Saya Tulis?
Sebenarnya ini bukan pertanyaan teknis, namun cukup sering
ditanyakan sehingga saya memutuskan untuk memasukkan satu bagian singkat dalam
panduan ini.
Pertanyaan tentang topik yang ditulis dapat terjawab dengan
segera begitu Anda menemukan ceruk pasar Anda dan peran Anda di dalamnya. Jika
Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat
tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis
maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.
Memang tidak ada salahnya menulis apa saja yang terlintas di
benak Anda atau topik apa pun yang Anda sukai, tapi untuk membangun komunitas
melalui blog… ceruk pasar yang Anda pilih harus jelas dan terarah. Pemirsa
jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan
tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.
Saran saya, bila Anda benar-benar tidak tahu di mana harus
memulai, konsultasikan dengan Google. Cari tahu apa yang ditulis sesama blogger
tentang topik yang Anda pilih. Berlangganan RSS dan mengikutinya selama
beberapa waktu akan membuka wawasan Anda mengenai apa yang dapat Anda tulis. Saya
yakin setelah terjun ke dalamnya dan menguasai suatu bidang, hal-hal yang dapat
Anda tulis sesungguhnya tidak terbatas.
Misalnya, jika menemukan topik yang menarik di blog lain dan
Anda memiliki perspektif yang lain, atau pendapat yang berbeda, tidak ada
salahnya memulai percakapan dari blog Anda dan memberikan tautan ke sumber.
Dengan cara ini saya telah menjalin hubungan dengan banyak blogger ternama.
Anda pun dapat melakukannya. Cara ini jauh lebih efektif sebagai pembuka
percakapan dibanding email tak diundang. Blogger profesional seringkali
memonitor apa yang dikatakan oleh rekan sesama blogger dan tautan yang masuk ke
dalam blog mereka.
Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang ditemukan di
forum-forum. Mungkin jawaban Anda di forum terkesan ringkas tapi setelah
melalui proses pemikiran yang cukup lama, pasti ada tambahan. Tidak ada
salahnya menuliskannya agar ada arsipnya sehingga dapat ditemukan oleh orang
lain.
Akan ada kesulitan ketika pertama kali menulis, tapi
yakinlah selanjutnya selalu akan lebih mudah. Sampai suatu saat ide untuk topik
akan lebih cepat berdatangan dan Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup
untuk menulis semuanya. Saat ini, mudah bagi saya untuk mendapatkan ide, tapi
memilih ide yang tepat untuk ditulis sama sulitnya. Tantangan blogger di semua
tingkatan selalu ada. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya dan belajar darinya.
Bagaimana Anda Dapat Menciptakan Konten Yang Menarik?
Pada tahap ini, Anda telah memiliki blog dan menata komputer
Anda sehingga dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Anda
juga sudah tahu apa yang harus ditulis pertama kali. Nah, sekarang
pertanyaannya bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik sehingga
dibaca orang terus menerus?
Menurut hemat saya, konten yang menarik bukanlah konten yang
menurut Anda bagus. Semuanya harus dipikirkan dari perspektif seorang pembaca.
Akan sangat membantu jika Anda memikirkannya sebagai aliran proses. Tentunya
ini tergantung bagaimana pembaca Anda menemukan blog Anda.
Katakanlah semuanya bermula dari mesin pencari. Untuk dapat
ditemukan di sana, Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang dipakai
oleh para pemirsa. Artinya Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat
untuk dipakai di tulisan blog Anda. Proses ini, termasuk cara optimasi blog
agar ditemukan di mesin pencari merupakan satu bidangnya sendiri yang dinamakan
SEO atau Search Engine Optimization.
Nah, saat menemukan tulisan Anda di mesin pencari… apa yang
membuat seorang calon pembaca mengeklik halaman situs Anda? Sebuah judul yang
menarik. Ya, judul tulisan Anda tidak boleh membosankan. Walaupun tulisan Anda
mengenai topik yang sangat biasa, harus disuntikkan nyawa ke dalamnya agar
hidup. Seni dan pengetahuan ini dinamakan copywriting.
Setelah seorang pengunjung datang ke blog Anda, mereka akan
mulai membaca. Kalimat pertama dan paragraf pendahulan haruslah menarik agar
pembaca memutuskan untuk menelusuri keseluruhan konten. Di Internet, orang
seringkali bergerak sangat cepat. Mereka dengan cepat bergerak dari atas
peramban web ke bawah dan hanya berhenti jika benar-benar menemukan hal yang
menarik.
Dengan kata lain, Anda punya waktu yang sangat sedikit untuk
menarik perhatian mereka. Dan bila konten Anda kuat dan berhasil menghibur atau
membuat mereka berdecak kagum, mungkin mereka akan berlangganan RSS blog Anda.
RSS itu pada dasarnya format berkas yang berisi konten blog Anda, yang dapat
dibaca dari pembaca RSS. Seorang pelanggan tidak harus mengunjungi blog Anda
untuk mengetahui apakah ada tulisan baru. Pembaca RSS akan memberitahu kepada
mereka.
Aliran proses itu dapat dijadikan panduan untuk menarik
pemirsa. Penting diingat bahwa jika salah satu titik yang dijelaskan di atas
lemah, pembaca mungkin saja memutuskan untuk berhenti dan tidak pernah kembali
lagi. Dan aliran proses ini hanyalah suatu proses.
Merupakan bidang yang lain pula bila Anda ingin menulis
dengan gaya yang menarik. Beberapa orang memiliki talenta untuk yang satu ini
sedangkan yang lain harus berimprovisasi sedikit demi sedikit. Harus diakui
saya termasuk yang belakangan.
Oh ya, satu lagi. Format tulisan pun bisa menentukan apakah
konten Anda menarik atau tidak. Ingat bahwa pemirsa bergerak cepat. Jika konten
Anda hanya kumpulan tulisan dengan paragraf panjang, tanpa format apa-apa,
dalam satu halaman web, pembaca akan patah semangat dan mencari sumber daya
lain. Mereka tidak punya banyak waktu kecuali Anda telah berhasil meyakinkan
mereka tentang kualitas dan daya tarik tulisan tersebut.
Salah satu cara yang suka saya pakai adalah dengan
membagi-bagi tulisan menjadi beberapa bagian. Metode lain adalah dengan menulis
dalam format yang mudah dicerna. Misalnya, 3 langkah membuat blog gratis.
Setiap langkah akan merupakan sub-bagian dari artikel sehingga tidak terlihat
sebagi suatu blok konten yang membosankan.
Di Mana Anda Dapat Menemukan Gambar Gratis atau Murah Uuntuk
Blog Anda?
Orang bilang satu gambar bisa mengkomunikasikan seribu kata.
Peran gambar bukan saja sebagai pendukung tulisan tapi juga sebagai jeda dalam
suatu tulisan blog yang panjang. Tapi banyak yang bertanya-tanya di mana mereka
dapat mencari gambar gratis atau murah untuk dipakai di blog.
Banyak blogger lokal yang menggunakan gambar yang mereka
temukan dari mana saja, termasuk Google Image, tanpa berpikir panjang.
Pendekatan ini harus dilakukan dengan hati-hati sebab gambar dan foto bisa jadi
merupakan karya yang ada hak ciptanya. Kecuali Anda punya izin khusus dari
pemiliknya, sebaiknya jauhi gambar yang tidak jelas sumbernya.
Untungnya, banyak pemilik gambar dan foto yang berbaik hati
mengizinkan pemakaian foto mereka. Flickr contohnya
adalah situs gambar dan foto yang sangat populer. Di sana Anda dapat mencari
foto-foto yang dapat dipakai dengan gratis. Banyak gambar menarik yang untuk
memakainya tidak perlu membayar royalti, hanya saja Anda harus memasang taut
kembali kepada sumber.
Jika Anda tidak keberatan membayar, iStockPhoto.com menawarkan jutaan
foto berkualitas tinggi. Harga dimulai dari kira-kira USD 1 per foto ukuran
kecil, cocok dipergunakan untuk blog.
Sumber Daya Lainnya Yang Bermanfaat Untuk Pembelajaran Lebih
Lanjut
Saya telah memberikan lebih banyak informasi yang Anda
butuhkan untuk memulai sebuah blog. Namun untuk mengembangkannya: menarik
pengunjung, membuat mereka tetap tertarik, mengembangkan komunitas, dan
menjadikannya sumber pendapatan merupakan topik yang lain pula.
Tidak perlu putus asa. Semua topik di atas tidak perlu dipelajari
dalam seminggu. Anda dapat melakukannya secara perlahan sambil menambahkan
lebih banyak konten ke blog Anda.
No comments:
Post a Comment
Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan,,
Jika menurut Sahabat Blogger Artikel ini bermanfaat silahkan di COPAST (Copy Paste) tanpa mencantumkan sumber..
#Kalau ingin dicantumkan, Alhamdulillah.. :) ^_^
Ilmu itu milik ALLAH, Siapapun berhak mempelajarinya.. :)
Terimakasih Telah Berkunjung.. :)