Friday, February 8, 2013

Contoh Makalah Penelitiann tentang Tawuran



KATA PENGANTAR
Terucap syukur kepada Allah SWT. atas rahmat, karunia, serta petunjukNya sehingga penulis diberi kekuatan dan kesabaran dalam menyelesaikan penyusunan karya tulis ini dengan sebaik-baiknya.
Semoga penulisan karya tulis ini bisa membawa berkah dan ridho dari Allah SWT bagi penulis dalam rentang perjalanan hidup penulis berikutnya, aamiin. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih dengan sedalam-dalamnya kepada Bapak dan Ibu saya sebagai manusia mulia pertama yang selalu mendukung dengan mendoakan yang terbaik untuk penulis dan memberikan support financial sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah penelitian ini tepat waktu. Serta kakak-kakakku tercinta, semoga penulis bisa mewujudkan harapan kalian, aamiin. Selain itu tidak lupa juga penullis ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya kepada:
Bapak Junaidi Idrus, S.Ag.,M.Hum. yang telah membimbing penulis dalam menyusun makalah ini.
Dan teman-temanku; Jegol, Beo, Benjol, Boneng selaku NaraSumber yang telah memberikan penulis informasi yang sedetail-detailnya.
Semoga Allah memberikan balasan yang terbaik, atas kebaikan yang diberikan pada penulis. Kritik dan saran penulis harapkan dari semua pihak demi tercapainya manfaat karya tulis ini.
  Yogyakarta,    

Erfan Wahyudi




BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Penelitian
Seolah-olah nurani tidak lagi diyakini oleh para remaja, lebih-lebih apabila melihat banyaknya tawuran pelajar akhir-akhir ini. Dengan garangnya api kebencian merasuki pelajar seperti mafia hendak menunjukkan keperkasaannya. Kekerasan dianggap sebagai solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa memikirkan akibat-akibat buruk yang ditimbulkan.
Pada saat bersamaan masyarakat hanya bisa menyaksikan kekerasan demi kekerasan terjadi antara mereka dan seringkali mencaci perbuatan mereka tanpa berusaha mencari solusi yang bijak akan permasalahan tersebut. Memojokkan mereka dari sudut pandang negatif yang ada, seolah-olah seperti seorang terdakwa yang telah mendapat vonis hukum, yang dipastikan sebentar lagi akan masuk penjara. Padahal sebenarnya tidak bisa dikatakan sepenuhnya bahwa kesalahan itu berasal dari dalam diri atau faktor internal pelajar itu sendiri.
Masyarakat yang peduli terhadap lingkungan remaja menjadi sangat penting untuk menciptakan suasana yang bersahabat dengan mereka. Masyarakat sering tidak peka terhadap respon yang di timbulkan remaja. Sehingga tidak sedikit remaja mengalami semacam gejolak jiwa yang berupa agresi guna menunjukkan keberdaan mereka dalam suatu lingkungan.
Hal itu menimbulkan gejolak jiwa berupa kepenatan yang berubah menjadi gundukan stress dan mencari sebuah pelampiasan. Hal tersebut seringkali tersalurkan dalam perbuatan negatif, berkumpul dengan sekelompok preman dan secara tidak langsung menjadi bagian dari mereka. Karena didalam kelompok barunya, mereka mendapat pengakuan sebagaimana yang selama ini tidak di dapatkan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Dari situlah dimulainya pembelajaran kekerasan dilingkungan baru yang tidak mengenal aturan, norma, adat dan kesusilaan. Yang berlaku adalah hukum anarkisme, kriminalisme, premanisme dan rimbaisme yang kesemuanya itu selalu mengedepankan otot daripada otak.
Itulah sekilas kenyataan akan adanya jiwa mafia dalam diri seorang pelajar yang berpotensi menimbulkan kenakalan pelajar yang terutama berupa Tawuran. Sehingga tidak asing lagi hanya sekedar saling pandang dapat menimbulkan tawuran, sungguh ironis memang apa yang terjadi di dunia pelajar sekarang ini, yang sebenarnya dituntut untuk belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya dengan harapan mereka bisa berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, malah melakukan tindak kriminal yang anarkis.

2. Rumusan Masalah
Agar penelitian ini terarah dan mengingat luasnya permasalahan tersebut, maka masalah pokok tersebut peneliti batasi dalam rumusan pertanyaan penelitian sebagai berikut :
Apa itu Tawuran ?
Apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya tawuran antar pelajar SMK-SMA di Kab. Lombok Timur ?
Apa saja dampak negatif dari tawuran tersebut terutama bagi pelaku dan masyarakat sekitar ?
Bagaimana upaya untuk menanggulangi tawuran tersebut ?

3. Tujuan Penelitian
Secara Umum
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh informasi deskriptif mengapa tawuran sering terjadi di kalangan pelajar saat ini. Dan tujuan utama penulisan makalah penelitian ini untuk memenuhi tugas akhir Pendidikan Agama Islam Semester Ganjil T.A 2012/2013.
Secara Khusus
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang :
Apa penyebab tawuran antar pelajar di Kab. Lombok Timur, NTB
Apa dampak negatif dari tawuran tersebut bagi pelaku dan masyarakat
Bagaimana upaya untuk menanggulangi tawuran tersebut


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Tawuran
Dalam kamus bahasa Indonesia “tawuran”dapat diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang. Sedangkan “pelajar” adalah seorang manusia yang belajar. Sehingga pengertian tawuran pelajar adalah perkelahian yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mana perkelahian tersebut dilakukan oleh orang yang sedang belajar.
Tawuran antar pelajar merupakan fenomena sosial yang sudah dianggap lumrah oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan ada sebuah pendapat yang menganggap bahwa tawuran merupakan salah satu kegiatan rutin dari pelajar yang menginjak usia remaja. Tawuran antar pelajar sering terjadi di kota-kota besar yang seharusnya memiliki masyarakat dengan peradaban yang lebih maju. Para pelajar remaja yang sering melakukan aksi tawuran tersebut lebih senang melakukan perkelahian di luar sekolah daripada masuk kelas pada kegiatan belajar mengajar. Tawuran tersebut telah menjadi kegiatan yang turun-temurun pada sekolah tersebut. Sehingga tidak heran apabila ada yang berpendapat bahwa tawuran sudah membudaya atau sudah menjadi tradisi pada sekolah tertentu. Kerugian yang disebabkan oleh tawuran tidak hanya menimpa korban dari tawuran saja, tetapi juga mengakibatkan kerusakan di tempat mereka melakukan aksi tersebut. Tentunya kebanyakan dari para pelaku tawuran tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan yang mereka timbulkan. Biasanya mereka hanya lari setelah puas melakukan tawuran. Akibatnya masyarakat menjadi resah terhadap kegiatan pelajar remaja. Keresahan tersebut sendiri merupakan kerugian dari tawuran yang bersifat psikis. Keresahan ini akan menimbulkan rasa tidak percaya terhadap generasi muda yang seharusnya menjadi agen perubahan bangsa.
Hal ini telah diturunkan dari suatu angkatan ke angkatan di bawahnya. Permasalahan tawuran kini telah meluas lingkupnya hingga ke hal-hal yang sudah tergolong dalam lingkup kriminalitas. Hal ini karena dalam sebuah fenomena sosial pasti terdapat efek beruntun ataupun efek bersamaan. efek yang ditimbulkan tersebut diantaranya adalah pemerasan, penodongan, pembajakan angkutan umum hingga ke tindakan penculikan. Namun sayangnya, tindakan ini masih dianggap sebagai deviance dalam masyarakat. Deviance terjadi apabila tingkat penyimpangan yang diasosiasikan terhadap keinginan atau kondisi masyarakat rata-rata telah melanggar batas-batas tertentu yang dapat ditoleransi sebagai masalah gangguan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

B. Penyebab Tawuran antar SMK-SMA di Kab. Lombok Timur
“Tawuran sudah jadi tradisi dari dulu”. Ungkap Boneng yang merupakan alumni dari SMA Negeri 1 Pringgasela. Dari peryataan tersebut semakin menguatkan bahwa tawuran antar pelajar telah menjadi kegiatan yang sifatnya kultural pada tiap sekolah, terutama sekolah menengah.
“Tawuran yang terjadi antara SMK-SMA tersebut dikarenakan ada dendam lama antara kedua kelompok pelajar tersebut yang diungkit-ungkit kembali oleh salah satu pihak yang tidak mau mengalah, tawuran itu juga diakibatkan karena salah seorang siswa SMA yang menabrak lari seorang siswa SMK saat pulang sekolah”. Ungkap Edy yang merupakan alumni dari SMK Negeri 1 Pringgasela.
Masalah inilah yang menjadi pemicu terjadinya tawuran antara SMK-SMA di Kecamatan Pringgasela 7 bulan yang lalu yang berlangsung selama kuang lebih 2 jam lamanya ditengah perkampungan warga dengan bersenjatakan batu, ketapel, senjata tajam, dan bambu runcing yang membuat resah warga sekitar. Kedua pihak tidak ada yang mau mengalah karena kalau mengalah itu akan merusak nama baik mereka, Ungkap Benjol pelaku tawuran. Disini mereka menganggap kalau mereka mengalah itu akan merusak nama baik mereka, padahal mereka tidak sadar bahwa tindak kekerasan dan anarkisme yang mereka lakukan sudah merusak nama baik mereka sendiri dan tentunya juga merusak nama baik sekolah mereka dimata masyarakat.
Apabila kita mengkaji masalah tawuran pelajar tersebut lebih mendalam, apa yang sebenarnya terjadi disana maka kita tidak bisa menyalahkan para pelajar begitu saja. Pertanyaan yang akan timbul adalah sudahkah masyarakat memperhatikan apa yang sebenarnya keinginan mereka sehingga mereka mencari pelampiasan-pelampiasan yang berujung tindakan anarki ? Apa penyebab mendasar yang menyebabkan mereka menjadi manusia kasar dan tak bernurani ? Mengapa bisa terjadi demikian ?  Siapa yang harus disalahkan ?
Berbagai pertanyaan itu akan senantiasa timbul dan secara tidak langsung seolah menyindir masyarakat karena sejatinya masyarakat merupakan bagian dari mereka. Apabila masyarakat mau sadar sebenarnya sebagai bagian dari lingkungan yang ada disekitar mereka, seolah memaksa remaja untuk mencari solusi negatif. Hal itu dikarenakan seringnya masyarakat tidak menghormati dan menghargai mereka bahkan dengan kata lain sering menyepelekan keberadaan mereka.
Banyak keluarga yang tidak memperhatikan anaknya, banyak sekolah yang hanya terfokus terhadap kegiatan belajar mengajar saja tanpa memperhatikan sisi psikologis anak didiknya. Banyaknya masyarakat acuh tak acuh dengan keberadaan mereka. Hingga bangsa ini yang memperhatikan dunia remaja. Padahal sebenarnya para remaja hanya ingin diperhatikan, diakui, dihormati, dan dihargai oleh lingkungan disekitar mereka. Banyak hal yang perlu diperbaiki guna memperbaiki keadaan yang ada.
Itulah sekilas betapa pentingnya masyarakat tahu bagaimana masalah ini perlu untuk dikaji. Sehingga diharapkan masyarakat dapat meminimalisir segala bentuk potensi-potensi yang menimbulkan kejadian tersebut, yang terutama sekali adalah tawuran antar pelajar.

C. Dampak Negatif Tawuran Bagi Pelaku dan Masyarakat
Kita tahu bahweasanya dampak tawuran tidak hanya pada pelaku tawuran itu sendiri. Namun akan berpengaruh juga terhadap lingkungan sekitarnya. Ada beberapa dampak negatif tawuran, diantaranta:
Kerugian fisik, pelajar yang ikut tawuran kemungkinan akan menjadi korban. Baik itu cedera ringan, cedera berat, bahkan sampai kematian.
Masyarakat sekitar juga terganggu. Contohnya : Rusaknya kendaraan dan rumah warga yang terkena lemparan batu.
Terganggunya proses belajar mengajar.
Terganggunya ativitas masyarakat.
Menurunnya moralitas dan kualitas pelajar.
Hilangnya perasaan peka, toleransi, tenggang rasa, saling menghormati, dan saling menghargai.

D. Upaya Menanggulangi Tawuran Pelajar
Ada beberapa cara untuk menangulangi tawuran pelajar, yaitu:
Dengan memandang masa remaja merupakan periode topan dan badai, dimana gejala emosi dan tekanan jiwa kurang stabil, sehingga perilaku mereka mudah menyimpang. Maka pelajar sendiri perlu mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Seperti mengikuti kegiatan kursus, berolahraga, mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler, dll.
Lingkungan keluarga juga dapat melakukan pencegahan terjadinya tawuran, dengan cara :
Mengasuh anak dengan baik, yaitu dengan
Penuh kasih sayang
Penanaman disiplin yang baik
Ajari membedakan yang baik dan buruk
Mengembangkan kemandirian, memberi kebebasan bertanggung jawab
Mengembangkan harga diri anak, menghargai jika berbuat baik atau mencapai prestasi tertentu
Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat; Hal ini membuat anak rindu untuk pulang ke rumah.
Meluangkan waktu untuk kebebasan; Orang tua menjadi contoh yang baik dengan tidak menunjukkan perilaku agresif, seperti memukul, menghina, dan mencemooh.
Memperkuat kehidupan beragama; yang diutamakan bukan hanya ritual keagamaan, melainkan memperkuat nilai moral yang terkandung dalam agama dan menerapkannya dalam kehhidupan sehari-hari.
Melakukan pembatasan dalam menonton adegan film yang mengandung tindakan kekerasan dan melakukan pemilahan permainan video game yang cocok dengan usianya.
Orang tua menciptakan suasana demokratis dalam keluarga, sehingga anak memiliki keterampilan sosial yang baik. Karena kegagalan remaja dalam menguasai keterampilan sosial akan menyebabkan ia sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Sehingga timbul rasa rendah diri, dikucilkan dari pergaulan, cenderung berperilaku normatif (biasanya, asosial ataupun anti-sosial). Bahkan lebih ekstrem bisa menyebabkan terjadinya gangguan jiwa, kenakalan remaja, tindakan kriminal, tindakan kekerasan, dsb.
Sekolah juga memiliki peran dalam mengatasi pencegahan tawuran, diantaranya dengan:
Menyelenggarakan kurikulum pendidikan yang baik adalah yang bisa mengembangkan secara seimbang tiga potensi, yaitu berfikir, berestetika dan berkeyakinan kepada tuhan.
Pendirian suatu sekolah baru perlu dipersyaratkan adanya ruang untuk kegiatan olahraga, karena tempat tersebut perlu untuk menyalurkan agresivitas dan kreativitas remaja.
Sekolah yang siswanya terlibat tawuran perlu menjalin komunikasi dan koordinasi yang terpaduuntuk bersama-sama mengembangkan pola penanggulangan dan penanganan kasus tawuran. Ada baiknya diadakan pertandingan persahabatan atau acara kesenian bersama di sekolah-sekolah yang siswanya terlibat tawuran.
LSM dan Aparat Kepolisian
LSM disini dapat melakukan kegiatan penyuluhan-penyuluhan di sekolah-sekolah mengenai dampak dan upaya yang perlu dilakukan agar dapat menanggulangi tawuran. Aparat kepolisian juga memiliki andil dalam menanggulangi tawuran dengan cara menempatkan petugas di daerah rawan dan melakukan razia terhadap siswa yang membawa senjata tajam.



PENUTUP
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat kita simpulkan bahwa perilaku menyimpang pelajar adalah kenakalan pelajar yang biasanya dilakukan oleh pelajar-pelajar yang gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun masa kanak-kanaknya, penyimpangan biasanya dilihat dari perspektif orang yang bukan penyimpang. Untuk menghargai penyimpangan adalah dengan cara memahami, bukan menyetujui apa yang dipahami oleh penyimpang.
Tawuran pelajar dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor antara lain; adanya pengaruh teman sepermainan, kegagalan dalam pendidikan, banyaknya waktu luang yang disia-siakan, pemberian uang saku yang berlebihan, dan pergaulan sex bebas. Pelajar yang demikian besar kemungkinan untuk melakukan perilaku menyimpang. Demikian juga dari adanya disorganisasi sosial dalam keluarga yang dialami oleh pelajar, maka akan melakukan perilaku menyimpang atau tawuran pada tingkat tertentu. Sebaliknya bagi keluarga yang harmonis dan utuh, maka kemungkinan anak-anaknya melakukan perilaku menyimpang dalam persentase yg sangat kecil, apalagi sampai tawuran.
Berdasarkan kenyataan diatas, maka untuk memperkecil tingkat perilaku penyimpangan atau tawuran pelajar, maka perlu kiranya orangtua menjaga dan mempertahankan keutuhan keluarga dengan mengoptimalkan fungsi sosial keluarga melalui program-program kesejahteraan sosial yang berorientasi pada keluarga dan lingkungannya, pengenalan agama lebih dini dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.
Bisa dikatakan bahwa kenakalan remaja seperti halnya tawuran pelajar tidak bisa dikatakan bahwa semua aspek pendorong berasal dari faktor internal mereka saja. Namun faktor lingkungan dimana mereka berada juga mempunyai andil besar dalam memicu seorang pelajar mencari pelampiasan-pelampiasan negatif. Seperti faktor keluarga yang dipenuhi oleh kekerasan orang tua, faktor sekolah yang kurang memperhatikan potensi anak-anak didiknya. Sampai faktor masyarakat yang senantiasa menyepelekan keberadaan mereka.
Untuk menindak lanjuti itu semua sebaiknya masyarakat yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat sadar betapa pentingnya mereka menjaga kesetabilan remaja dengan memberi ruang yang cukup kepada mereka untuk berekspresi. Sehingga mereka mendapatkan kenyamanan yang cukup dimana mereka berada. Pengakuan masyarakat yang selama ini mereka idamkan, sambutan keluarga yang mereka impikan dan sekolah yang nyaman untuk meningkatkan potensi mereka. Dengan hal-hal tersebut diharapkan masyarakat bisa membantu menggali potensi-potensi yang ada guna menciptakan remaja yang kreatif, aktif, produktif dan berpotensi menjadi generasi penerus yang baik.

SARAN
Menyikapi berbagai fenomena kenakalan remaja khususnya tawuran pelajar yang telah disampaikan diatas, penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut;
Sejak sekarang masyarakat harus sadar akan pentingnya peran mereka dalam membentuk lingkungan yang kondusif
Keluarga sebagai elemen dasar sebuah bangunan pendidikan agar lebih aktif dalam memperhatikan anak-anaknya, pentingnya menciptakan demokrasi dalam keluarga
Sekolah sebagai suatu lembaga pendidik seharusnya memperhatikan potensi-potensi dasar peserta didik untuk lebih meningkatkan daya kreativitas mereka
Adanya system penanganan yang lebih tepat apabila ditemukan tawuran pelajar
Memfasilitasi para pelajar baik dilingkungan rumah atau sekolah untuk melakukan kegiata-kegiatan yang bermanfaat diwaktu luangnya. Contohnya dengan membentuk ikatan remaja masjid atau karang taruna dan membuat acara-acara yang bermanfaat, dan sekolah mewajibkan setiap siswa mengikuti organisasi atau ekstra kurikuler di sekolahnya.



DAFTAR PUSTAKA
Q-Anees, B. Hambali, A. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Bandung: Reflika Offset.
Megawangi, Ratna. (2007). Pendidikan Karakter. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.
Albertus, Doni Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, ed. Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
www.yahoo.com            





LAMPIRAN
Pertanyaan
Apa penyebab tawuran pelajar yang terjadi antara SMK-SMA di Kecamatan Pringgasela, Kab. Lombok Timur, NTB. Yang terjadi sekitar 7 bulan yang lalu ?
Bagaimana pendapat anda tentang tawuran tersebut ?
Apakah anda terlibat dalam tawuran tersebut ?   jika YA berikan alasannya !
Menurut anda apa dampak negatif tawuran tersebut terhadap pelaku tawuran dan masyarakat sekitar ?
Bagaimana cara untuk menanggulangi tawuran tersebut ?

NaraSumber
Ahmad (18 Tahun)
30 Nopember 2012.
Pelaku tawuran, alumni SMK Negeri 1 Pringgasela, melanjutkan studi di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, jurusan Pendidikan Teknik Mesin.

                                                (                              )


Boneng (18 Tahun)
27 Nopember 2012.
Pelaku tawuran, alumni SMK Negeri 1 Pringgasela, melanjutkan studi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, jurusan S1. Teknik Informatika.

                                                (                              )



Benjol (19 Tahun)
30 Nopember 2012.
Pelaku tawuran, alumni SMK Negeri 1 Pringgasela, melanjutkan studi di STMIK “AKAKOM” YOGYAKARTA, jurusan S1. Teknik Informatika.

                                                (                              )


Beo (18 Tahun)
27 Nopember 2012.
Pelaku tawuran, alumni SMA Negeri 1 Pringgasela, melanjutkan studi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, jurusan S1. Manajemen.

                                                (                              )


Jegol (18 Tahun)
26 Nopember 2012.
Pelaku tawuran, alumni SMA Negeri 1 Pringgasela, melanjutkan studi di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, jurusan D3. Analis Kimia.

                                                (                              )

2 comments:

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan,,
Jika menurut Sahabat Blogger Artikel ini bermanfaat silahkan di COPAST (Copy Paste) tanpa mencantumkan sumber..
#Kalau ingin dicantumkan, Alhamdulillah.. :) ^_^

Ilmu itu milik ALLAH, Siapapun berhak mempelajarinya.. :)

Terimakasih Telah Berkunjung.. :)