Friday, February 8, 2013

Masalah Etos Kerja Manusia


Nama  : Erfan Wahyudi
NIM    : 12.11.6123
Kelas   : 12_S1 TI_06

MASALAH ETOS KERJA MANUSIA
Etos kerja yaitu : kerja sampai tuntas,bekerja dengan ikhlas,bekerja dengan jujur,bekerja dengan manggunakan teknologi,bekerja dengan berkelompok,bekerja dengan keras dan bekerja sebagai bentuk pelayanan.   Dalam konteks kamuss,perkataan “etos” berasal dari bahasa Yunani (ethos) yang berarti watak atau karakter
Secara termologi “etos” adalah karakteristik dan sikap,kebiasaan serta kepercayaan yang bersifat khusus tentang seorang individu atau sekelompok manusia. Di samping itu “etos” juga bisa bermakna jiwa khas suatu kelompok manusia.sehingga dari jiwa yang khas itu berkembang pandangan tentang yang baik dan yang buruk atau kita sebut dengan etika. Jadi iman kepada allah tidak hanya yakin di dalam hati dan menucap dalam perkataan,tetapi juga melaksanakan dalam perbuatan atau pekerjaan.
Fisabillilah adalah orang yang berperang dalam jalan Allah,dan orang-orang yang berperang dalam jalan allah adalah orang yang termasuk dalam surga.
Tujuh etos kerja muslim ,bagi umat islam Rasululah SAW adalah tauladan yang utama dan dalam masalah kerja,rasululah tidak hanya member petunjuk dan nasehat,tetapi juga mengamalkannya dan membuktikannya dengan bekerja berikut adalah tauladan dan pandangan atau etos kerja
-          Bekerja sampai tuntas
-          Bekerja dengan ikhlas
-          Bekerja dengan jujur
-          Bekerja menggunakan teknologi
-          Bekerja dengan berkelompok
-          Bekerja keras
-          Bekerja sebagai bentuk pelayanan

Prinsip tanggung jawab : persoalan etos kerja meruapakan salaj satu kajian dan pembicaraan yang vocal di bicarakan dalam masyarakat manapun termasuk Indonesia,dampak yang paling luas adalah boleh jadi bangsa kita bisa tertinggal oleh bangsa-bangsa tetangga dalam lingkungan asia tenggara atau asia timur,dan atas dasar pemikiran dan analisis ini,setidaknya kita dapat menarik benang merah pemikiran yaitu bangsa Indonesia harus mulai memupuk prinsip rasa tranggung jawab moral yang tiinggi jika tidak mau ketinggalan dengan bangsa-bangsa lain.
Komtimen sebagai dasar kerja : komitmen atau niat adalah suatu bentuk pilihan dan keputusan pribadi yang di kaitkan dengan sistem nilai ( value sistem ) yang dianutnya bahwa nilai suatu pekerjaan tergantung kepada niat dan komitmen pelakunya tergambar antara lain dari pesan tuhan agar kita tidak membatalkan sedekah ( amal kebajikan ) kita dengan umpatan dan sikap menyakitkan hati.
Prinsip member dan mendapatkan : bagi Anthony robbin,”rahasia kehidupan adalah member”, ungkapan kata tersebut dimuat dalam bukunya Unlimited Power
Sebagian besar orang hanya memikirkan cara untuk menjadi pemimpin yang efektif kadangkala yang lebih penting yaitu proses untuk menjadi pemimpin yang efektif justru malah di lewatkan itu artinya mereka hnya berpikir cara mendapatkan bukan cara member. Di alam ini juga berlaku hukum sunnatullah dan hukum fisika siapa yang bersungguh – sungguh pasti mendapatkan ,siapa yang bermalas-malass pasti tidak mendaptkan sesuatu..


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan,,
Jika menurut Sahabat Blogger Artikel ini bermanfaat silahkan di COPAST (Copy Paste) tanpa mencantumkan sumber..
#Kalau ingin dicantumkan, Alhamdulillah.. :) ^_^

Ilmu itu milik ALLAH, Siapapun berhak mempelajarinya.. :)

Terimakasih Telah Berkunjung.. :)