Friday, February 8, 2013

Diktator Paling Kaya Sepanjang Sejarah Dunia

Diktator Paling Kaya Sepanjang Sejarah Dunia - Mungkin sudah gak asing denger kata "Diktaktor", seorang pemimpin yang memiliki otoritas politik dan kekuasaan tanpa batas yang sering melakukan tindakan egois dan sewenang-wenang, dan gak sedikit yang mengumpulkan harta kekayaan dari kekuasaannya untuk dirinya dan keluarganya sendiri tanpa melihat keadaan rakyatnya.

Sebagai contoh di Indonesia mungkin udah gak asing dan gak perlu disebutkan namanya. Nah, diluar sana juga ada beberapa diktator yang menyimpan harta kekayaan dari hasil kepemimpinannya. Berikut delapan Diktator terkaya sepanjang sejarah :

#1 Muammar Gaddafi


Aset pemimpin Libya Muammar Gaddafi dan sanak saudaranya dibekukan pada Maret 2011, angka-angka yang keluar mengejutkan.
- AS menahan $30 miliar (Rp288,4 T) » investasi keluarga - Kanada membekkukan $2,4 miliar (Rp23 T)
- Austria membekukan $1,7 miliar (Rp16,3 T)
- Inggris membekukan $1 miliar (Rp9,6 T)
Angka ini dilaporkan masih jauh dari harta Khadafi sebenarnya. Selama 42 tahun menjabat, ia dilaporkan mengumpulkan $75 sampai $80 miliar (Rp721 » Rp769 triliun).

#2 Bashar al-Assad


Presiden Syria Bashar al-Assad mantan mahasiswa dokter mata ini memastikan bahwa kerabatnya menempati posisi-posisi strategis di pemerintahan.
Laporan The Guardian menyatakan bahwa Assad memiliki aset $1,5 miliar (Rp14,4 T).
- Jika aset termasuk yang di dalam Syria yang dikuasai Assad dan keluarganya, maka figur ini mencapai $122 miliar (Rp1173 T).
Kekayaannya berasal dari tanah, energi, dan perizinan.

#3 Hosni Mubarak


Menjadi kepala militer selama 30 tahun, bekas Presiden Mesir Hosni Mubarak mengumpulkan kekayaan di tengah rakyatnya kesusahan.
Diktator berusia 82 tahun ini mengumpulkan $70 miliar (Rp673 T) dalam 30 tahun, dari potongan proyek yang diambil anak-anak dan keluarganya.
Mereka hidup seperti raja, naik pesawat jet keliling dunia dan hidup di istana-istana.

#4 Ali Abdullah Saleh


Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh berkuasa selama 30 tahun sampai ia menyerahkan kekuasaan baru-baru ini.
Hartanya diperkirakan mencapai $32 miliar (Rp307 triliun).

#5 Zine al Abidine Ben Ali


Bekas Presiden Tunisia Zine al Abidine Ben Ali dihukum 35 tahun penjara lewat sidang in absentia. Diturunkan oleh revolusi Melati, ia hidup berlebihan sementara rakyatnya menderita dalam kejahatan hak asasi manusia.
Istrinya dilaporkan berhasil kabur dengan batangan emas senilai $37 juta (Rp 355,7 miliar).
Ben Ali dilaporkan memiliki harta total $7 miliar (Rp67,3 T).

#6 Robert Mugabe


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe mengubah Zimbabwe yang dulunya kaya menjadi negara mainannya, ia membunuhi rival-rivalnya dan menjarah negaranya habis-habisan.
Nilai kekayaannya diperkirakan mencapai $5-$10 miliar (Rp48-96 T) dari deposit berlian negaranya.

#7 Teodoro Obiang Nguema Mbasogo

Presiden Equatoguine Teodoro Obiang Nguema Mbasogo menjarah habis-habisan negaranya yang kaya minyak. Ia sama sekali tak membagi keuntungan negara itu dengan rakyatnya. Nilai kekayaannya mencapai $1 miliar (Rp 9,6T), sementara rakyatnya hidup hanya dengan $1 per hari (Rp 9615).
Anak laki-lakinya meneruskan kehidupan mewah itu dengan rumah seharga $35 juta ( Rp336 miliar) di Malibu dan tiga Bugatti Veyrons seharga $1,7 juta (Rp16,3 M).

#8 Ali Bongo Ondimba



Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba bersama kroninya, mengantungi 25% dari PDB negaranya. Kekayaannya yang dilaporkan mencapai $1 miliar (Rp9,6 T) masih terlalu rendah. Pasalnya pada 2010, ia dilaporkan membeli sebuah townhouse di Paris seharga $138 juta (Rp1,3 T).

Itulah daftar diktator terkaya sepanjang sejarah dunia yang sempat menjadi berita utama dan sorotan publik dunia. Dan pastinya masih banyak diktator-diktator kaya lainnya di dunia ini. Just sharing. Disalin Informasi Terbaru dari berbagai sumber yahoo.com.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan,,
Jika menurut Sahabat Blogger Artikel ini bermanfaat silahkan di COPAST (Copy Paste) tanpa mencantumkan sumber..
#Kalau ingin dicantumkan, Alhamdulillah.. :) ^_^

Ilmu itu milik ALLAH, Siapapun berhak mempelajarinya.. :)

Terimakasih Telah Berkunjung.. :)